S2 Teknologi Pendidikan

Program Studi S2 Teknologi Pendidikan

I. VISI“Menjadi program studi yang inovatif dan kompetetif dalam pengembangan Teknologi Pendidikan berbasis budaya dikawasan asia tenggara tahun 2035”

II. MISIMisi program studi magister Teknologi Pendidikan adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan inovatif untuk melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengembangkan dan mengelola sistem pembelajaran serta eksis dalam persaingan global.
  2. Mengembangkan strategi dan produk pembelajaran yang kompetitif dengan pendekatan sistem melalui penelitian bidang teknologi pendidikan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat melalui penyebar luasan desain dan produk teknologi pendidikan untuk menguatkan budaya belajar-mengajar berbasis teknologi.
  4. Menyelenggarakan kerja sama dengan lembaga dan instansi yang relevan dalam pengembangan budaya belajar-mengajar yang berstandar nasional dan internasional.

III. TUJUAN

Tujuan program studi magister Teknologi Pendidikan adalah sebagai berikut.

  1. Dihasilkannya SDM teknologi pendidikan yang memiliki kompetensi dalam mengembangkan dan mengelola sistem pembelajaran serta eksis dalam persaingan global.
  2. Dihasilkannya desain dan produk pembelajaran yang kompetitif hasil penelitian bidang teknologi pendidikan.
  3. Terimplementasikannya desain dan produk teknologi pendidikan bagi masyarakat ditingkat satuan pendidikan dan lembaga pendidikan lainnya.
  4. Terjalinya kerjasama antar lembaga dan instansi yang relevan dalam pengembangan teknologi pendidikan yang berbasis budaya

IV. LEARNING OUTCOMES

Kualifikasi hasil pendidikan (learning outcomes) Prodi S2 Teknologi Pendidikan UNG, sesuai Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), adalah:

No.  Deskripsi Level 8 KKNI(Perpres No.8/2012) Kualifikasi Hasil Pendidikan (Learning Outcomes)S2 TP UNG
     
1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  1. Mampu mengembang-kan, mengelola dan menerapkan ilmu dan pengetahuan ilmiah untuk memperbaiki sys-tem pembelajaran dalam rangka memecahkan ma-salah-masalah belajar.
  2. Mampu merancang dan melaksanakan pembela-jaran yang inovatif, mem-produksi media, bahan ajar dan pemanfaatan teknologi informasi.
  3. Mampu merancang dan mengelola system pem-belajaran dan pelatihan dan pengembangan Pusat Sumber Belajar.
  4. Mampu merancang dan melakukan evaluasi pro-gram system pembelaja-ran, pendidikan dan pelatihan.
   

 

2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multi disipliner .
  1. Mampu mengembangkan solusi dalam rangka efektifitas dan efisiensi pemecahan masalah belajar melalui pende-katan inter atau multi disipliner berbasis doma-in teori dan praktek teknologi pendidikan.
  2. Mampu mendesain, me- laksanakan, meng-evaluasi dan melaporkan penelitian, terkait dengan praksis pendidikan/ pembelajaran.
   

 

3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
  1. Mampu mengelola riset dibidang garapan pen-gembangan teori dan praktek pendidikan/ pem-belajaran, mempub-likasikan hasil riset dan atau diterima pada jurnal ilmiah terakreditasi nasio-nal maupun internasional.

 

V. KURIKULUM

No. Mata Kuliah SKS  Smtr
1. Filsafat Teknologi Pendidikan 2   I
2.  Metode Penelitian Dalam Kawasan TP 3   I
3.  Landasan Pendidikan 3   I
4.  Divusi dan inivasi Pembelajaran 2   I
5.  Desain Istruksional 2   I
6.  Dimensi Kultural dan Psikologis dalam Teknologi Pembelajan 3   I
7.  Statistik Penelitian 2   II
8.  Pengembangan Kurikulum dan Sistem Pembelajaran 3   II
9.  Desain Production House dan Video-video Pembelajaran 3   II
10.  Pengembangan Pembelajaran Berbasis Komputer dan Multi Media 3   II
11.  Pengelolaan Pendidikan dan Latihan: Desain, Teori dan Terapan* 3   II
12  Teknologi Kinerja* 3   II
13.  Trip Observation Learning (TOL) 0   II
14.  Tesis 6   III
       
  Mata Kuliah Pilihan    
1.  Teknologi Kinerja* 3   II
2.  Pemgembangan Model Pembelajaran Berbasis Neurosains* 3   II
3.  Pengelolaan Pendidikan dan Latihan: Desain, Teori dan Terapan* 3   II
4.  Studi Mandiri TP* 3   II
5.  Kajian Artikel dan Teknik Publikasi Ilmiah pada Jurnal Internasional Terakreditasi* 3   II

 

VI. DOSEN

  1. Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd
  2. Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd
  3. Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd
  4. Dr. Abdul Hamid Isa, M.Pd
  5. Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd
  6. Dr. Sardi Salim, M.Pd
  7. Dr. Masri K. Umar, M.Pd
  8. Karmila Machmud, M.A., Ph.D
  9. Dr. Lukman A. R. Laliyo, S.Pd., M.Pd., MM
  10. Dr. Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd

VII. LULUSAN

Profil lulusan Program Studi S2 Teknologi Pendidikan adalah:

  1. Ahli dalam Pengembangan Desain Pembelajaran,
  2. Ahli dalam Pembelajaran Berbasis Komputer,
  3. Ahli dalam Pengembangan Media Pembelajaran dan Rumah Produksi,
  4. Ahli dalam Mendesain Pelatihan dan Kursus,
  5. Ahli dalam Mengelola pusat Sumber Belajar dan Perpustakaan,
  6. Ahli dalam Melakukan Penilaian Pembelajaran,
  7. Ahli dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah,
  8. Ahli dalam Melakukan Penelitian Evaluasi dan Pengembangan,
  9. Menjadi Konsultan dalam Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Workshop.

VIII. BIAYA PENDIDIKAN

  1. Biaya seleksi masuk sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah)
  2. Biaya SPP per semester Rp. 7.000.000 (tujuh juta rupiah)

IX. WAKTU PENDAFTARAN:

Semester Ganjil : Mei s.d. Juli setiap tahun

X. PIMPINAN

Direktur   : Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si
Wadir I   : Dr. Ir. Hasim, M.Si
Wadir II   : Prof. Dr. Weny J.A. Musa, M.Si
Kaprodi   : Muhammad Rifai Katili, Ph.D

 

INFORMASI LENGKAP HUBUNGI:

Muhammad Rifai Katili, Ph.D (KAPRODI)

HP. 082296102072, 085240051818

Email: 

Syahril Adhitya Lamuda S.H (Bagian Pendaftaran)

HP. 0853 4088 8123

Agenda

4 - 7 Juli 2024

Asesmen Lapangan

Akreditasi Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor LAMDIK Prof. Dr. Dedy Achmad Kurniady, M.Pd (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. Ansar M.Si (Universitas Negeri Makassar) 4 s.d 7 Juli 2024

4 April 2024

Sidang Terbuka

Promosi Doktor Bidang Linguistik Terapan a.n Dewi Dama

4 April 2024

Workshop

Webinar Nasional dengan Tema Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Menuju Kemandirian Finansial dan Pembangunan Berkelanjutan

25 - 28 Maret 2024

Evaluasi Lapangan

Dalam Rangka Usulan Pembukaan Program Studi Ekonomi Program Doktor Pada Universitas Negeri Gorontalo