PPs UNG
hero

Tek. Pend

TEKNOLOGI PENDIDIKAN

I. VISI
“Tahun 2025 menjadi program studi pengembang teknologi pendidikan terkemuka di Indonesia yang fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran bangsa”

II. MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang teknologi pendidikan untuk pemecahan masalah pembelajaran bangsa;
2. Mengembangkan riset teori dan praktek di bidang teknologi pendidikan yang inovatif dan teruji kebermanfaatannya sehingga menjadi rujukan bagi upaya pemecahan masalah pembelajaran bangsa;
3. Mengembangkan kualitas penerapan dan pemanfaatan hasil riset inovatif teknologi pendidikan untuk pemecahan masalah pembelajaran dalam rangka meraih pengakuan nasional dan internasional.

III. TUJUAN
Tujuan Program Studi S2 Teknologi Pendidikan (TP) Universitas Negeri Gorontalo adalah:
1. Menghasilkan tenaga ahli pengembang pembelajaran yang disebut “teknolog pembelajaran”, yang berkemampuan menerapkan ilmu dan pengetahuan ilmiah di bidang teknologi pendidikan untuk memperbaiki dan mengupayakan solusi terhadap masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran bangsa;
2. Menghasilkan peneliti yang berkemampuan dalam mengkaji teori, konsep, dan praktek di bidang teknologi pendidikan dan fokus pada pengembangan kualitas terhadap upaya pemecahan masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran bangsa.
3. Menghasilkan tenaga perancang, perencana dan penilai program pendidikan dan latihan yang handal dan professional;
4. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan S1 dan jenjang di bawahnya.

IV. LULUSAN
Profil lulusan Program Studi S2 Teknologi Pendidikan adalah: 1) Dosen; 2) Guru; 3) Peneliti; 4) Fasilitator; 5) Konsultan; 6) Pengelola Pusat Sumber Belajar (PSB); 7) Pengawas/Penilik Sekolah.

 

I. MKU
Filsafat Ilmu 2 2
Metodologi Penelitian 3 3
II. MKDK
Landasan Teknologi Pendidikan: Teori dan Konseptual 3 3
Divusi dan Inovasi Pembelajaran 3 3
Kajian Artikel dan Teknik Publikasi Ilmiah Pada Jurnal Internasional Terakreditasi* 2 2
III. MKK
Desain Instruksional 3 3
Dimensi Kultural dan Psikologis dalam Teknologi Pendidikan 3 3
Orentasi baru dalam psikologi pendidika dan pembelajaran 2 2
Pengembangan Media Pembelajaran; Desain dan Produksi 3 3
Pengelolaan Sumber dan Organisasi Belajar 3 3
Evaluasi Program dan Hasil Belajar 3 3
Analisis Karakteristik Si Belajar dan Instrumen Pengukurannya 2 2
Teknologi Kinerja* 2 2
Aspek Neorologi dalam pembelajaran TP* 2 2
Proposal Tesis (5 sks)
Penyusunan Proposal Tesis 2 2
Final Proposal Tesis (Seminar Proposal) 3 3
Penelitian dan penulisanTesis (20 sks)
Penyususnan makalah Kualifikasi Tesis 4 4
Pengembangan Instrumen Tesis 4 4
Penyusunan laporan Uji coba Instrumen 4 4
Penyusunan Draf Tesis 4 4
Ujian Tesis 4 4

Seminar (5 SKS)
Seminar Nasional Profesi 2 2
Seminar Hasil Penelitian Tesis 3 3
Karya Ilmiah (10 sks)
Penulisan Artikel Konsep, Teori dan Jenis Dalam Teknologi Pendidikan 3 3
Partisipan dan atau Peserta Seminar/Lokakarya Nasional/ 3 3
Internasional dalam Bidang Teknologi Pendidikan
Pemuatan Artikel Dalam Jurnal Pendidikan/Penelitian 4 4
JUMLAH 72 21 35 20

VII. DOSEN
1. Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd
2. Prof. Dr. Yosep Paramata, M.Pd
3. Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd
4. Prof. Dr. Haris Panai, M.Pd
5. Prof. Dr. Abdul Kadir Masaong, M.Pd
6. Prof. Dr. Ansar Made, M.Pd
7. Prof. Dr. Nurhayati Abas, M.Pd
8. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd
9. Dr.Wenny Hulukati, M.Pd
10. Dr. Abdul Hamid Isa, M.Pd
11. Dr. Abdul Djabar Muhidin, M.Pd
12. Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd