PPs UNG
hero

Bah. Indo

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu prodi yang ada di Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Salah satu faktor yang melatarbelakangi lahirnya program studi ini, adalah untuk melayani kebutuhan dan peningkatan kualifikasi pendidikan guru bahasa Indonesia dari lulusan Sarjana (Strata-1) ke Strata S2. Hal ini sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta PP nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Di samping itu, pendidikan merupakan salah satu program unggulan pemerintah daerah provinsi Gorontalo, khususnya peningkatan kualitas dan kualifikasi sumber daya manusia. Dokumen resmi yang menunjukkan eksistensi Program studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah SK Dirjen Dikti No: 190/E/O/ 2012 tanggal 21 Mei 2012.

VISI
“Menjadi lembaga yang menghasilkan lulusan/tenaga ahli yang professional berkualifikasi Magister yang kompetitif dan kolaboratif di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia”.

MISI
Melaksanakan tridharma (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) dalam rangka mendidik mahasiswa menjadi tenaga ahli berkualifikasi Magister (S2) yang kompetitif dan kolaboratif bidang Pendidik-an Bahasa dan Sastra Indonesia.

TUJUAN
1. Menghasilkan tenaga pendidik profesional yang kompetitif dan kolaboratif di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
2. Menghasilkan tenaga peneliti profesional yang kompetitif dan kolaboratif di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
3. Menghasilkan tenaga pembina dan pengembang yang kompetitif dan kolaboratif di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

SASARAN
Sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi adalah lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang menguasai ilmu pendidikan dan ilmu pengetahuan di bidang bahasa dan Sastra Indonesia, mampu mengajarkannya secara profesional dan memiliki kepedulian terhadap perkembangan dan pengembangan bahasa dan Sastra Indonesia, serta memiliki kemampuan meneliti dan melakukan pengabdian pada masyarakat dalam kurun waktu yang tepat sesuai dengan kurikulum.

KURIKULUM
Mata Kuliah Umum (MKU)
- Filsafat Ilmu
- Metodologi Penelitian
- Statistik Penelitian

Mata Kuliah Dasar Keahlian
- Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Pendidikan
- Landasan Pendidikan
- Psikologi Pendidikan

Mata Kuliah Keahlian (MKK)
- Linguistik Lanjut
- Pemerolehan Bahasa Kedua
- Sosiolinguistik
- Linguistik Terapan
- Metode Pengajaran Bahasa & Sastra
- Analisis Wacana
- Kemahiran Berbahasa Produktif: Teori dan Pengajarannya
- Semantik
- Psikolinguistik
- Desain Silabus dan Perancangan Penga-jaran
- Evaluasi Pengajaran Bahasa
- Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
- Seminar Persiapan Usulan Tesis

TENAGA DOSEN

1. Dr. H. Mohammad Karmin Baruadi,M.Hum
2. Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd
3. Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd
4. Dr. H. Dakia N. DjoU, M.Hum
5. Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum
6. Dr. Hj. Ellyana Hinta, M.Hum
7. Dr. Sance Lamusu, M.Hum
8. Dr. Supriyadi, M.Pd
9. Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd
10. Prof. Dr. H. Nani Tuloli
11. Prof. Dr. H. Hamzah Uno, M.Pd
12. Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd
13. Karmila Machmud, Ma., Ph. D
14. Prof. Dr. Nurhayati Abas, M.Pd
15. Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd